Negative Investment


Negative Investment by Ryan Filbert

Yuhuuu… bulan ini kayaknya gw bakal bahas yang agak serius mengenai keuangan yaitu investasi. Buat bisnis kapan-kapan aja kali ya. Gw pilihnya buku karangan dari Ryan Filbert. Kenapa? Soalnya paling masuk akal dan mudah buat dilakukan oleh siapa pun. Setelah gw bahas bukunya tentang strategy passive income yang dimana kita merancang strategi keuangan kita dan investasi-investasi apa aja yang bisa membuat kita menuju financial freedom.

Abis itu kita mesti cari tahu dulu investasi-investasi tersebut seperti apa. Sesuai gak sama karakter kita dan tentunya kita juga harus tau segala resikonya. Yup, dalam dunia investasi maupun bisnis pasti ada yang namanya untung rugi. Sebelum cari tahu lebih lanjut mengenai investasi-nya, kita cari tahu dulu resiko- resiko dalam dunia investasi dalam buku yang mau gw bahas kali ini.

Kenapa kita harus tahu lebih dulu plus dan minus dari sebuah investasi? Agar kita dapat meminimalisir resiko dan mendapatkan keuntungan yang lebih baik, juga mewaspadai segala bentuk investasi yang menjurus ke arah penipuan.

Di buku Negative Investmen ini membahas mengenai beberapa skema kejahatan dalam dunia investasi. Bahasanya yang ringan plus alur cerita dari pengalaman-pengalaman yang dialami oleh si penulis sendiri atau pun orang-orang terdekatnya. Buku ini bisa nambah wawasan kita sebelum akhirnya kita mantap untuk memilih jenis investasi.

Salah satunya yang dibahas adalah mengenai skema ponzi, pas banget dimana beberapa waktu lalu sempet heboh mengenai investasi M** itu. Dimana dari investasi tersebut banyak nasabah yang dirugikan karena tidak balik modal uang investasinya.

Selain itu masih banyak kejahatan-kejahatan investasi lainnya yang dibahas di buku ini antara lain mengenai lembaga keuangan non bank yang tentunya tidak dijamin dan diawadi oleh LPS dan OJK (ini mesti diwaspadai bila ada lembaga penghimpun dana tapi tidak ada legalitasnya, apalagi tidak dijamin dua lembaga tersebut), mengenai pencarian harta karun, praktik penggandaan uang dan masih banyak lagi.

Setelah membaca buku ini, makin ngebuat pikiran gw terbuka lebar terhadap banyak investasi yang sering ditawarkan. Maklum, karena gw baru nemu ini buku sekarang, jadi kemaren-kemaren sempet langsung “hajar” investasi sana-sini malah rugi banyak, hahaha…. Tapi jadi pembelajaran sih, untuk lebih hati-hati ke depannya.

Oke, besok kita bahas investasi lainnya. Pokoknya bulan ini khusus buat bahas buku-buku investasi yang recommended deh ^^


Negative Investment Negative Investment Reviewed by Unknown on 09.04 Rating: 5

Tidak ada komentar: