Unfinished Journal


Unfinished Journal by Fauzi

Pernah gak ngebayangin klo hidup kita puluhan tahun yang akan datang harus hidup disebuah kubah, karena sengatan matahari yang begitu panas, oksigen yang berkurang dan polusi dimana-mana? Mirip kayak di film-film aja ya? Tapi emang gak menutup kemungkinan kehidupan yang akan datang akan seperti itu klo kita gak merawat alam kita dari sekarang.


Nah, cerita itu juga yang ingin disampaikan oleh penulisnya, Fauzi dalam buku Unfinished Journal ini. Buku yang satu ini bukan novel sih, tapi fantasteen. Cerita fantasi khusus untuk remaja. Soalnya ceritanya sederhana dan alur ceritanya masih agak kurang greget. Klo penyampaiannya kayak cerita-cerita novel fantasi luar negri macam Narnia, The Hobbit, dll mungkin akan lebih baik dan dapet banget gregetnya.

Maklum aja, gw sendiri juga klo nulis cerita panjang-panjang agak susah. Antara imajinasi sama tulisan masih belum bisa sinkron bener.

Oke, lanjut. Buku ini bercerita tentang masa depan manusia di tahun 2093 dengan tentunya latar tempat masih di kawasan Indonesia. Bagaimana orang-orang hidup dengan “harus” membeli air dan oksigen. Tentunya dikarenakan alam sudah tercemar hampir diseluruh wilayah di dunia termasuk di Indonesia. Karena pencemaran yang begitu parah, makanan dan minuman yang dikonsumsi pun merupakan hasil rekayasa. Terus bagaimana dengan orang-orang yang tidak mampu membeli air dan oksigen? Tentunya akan diasingkan keluar kubah dan mati pelan-pelan. Mengenaskan bukan?

Petualangan dimulai ketika Ardi, tokoh utama dalam cerita ini diberikan kesempatan untuk mengubah segalanya hanya dalam waktu 7 hari. Tentunya dengan mesin waktu buatan Professor Erid. Lo bayangin aja, gimana caranya dalam 7 hari bisa merubah anggap lah di satu wilayah ada tiga puluh ribu orang untuk menjaga kelestarian alam? Sekarang aja orang disuruh buang sampah di tong sampah aja susah bener. Lah, dalam tujuh hari lo bisa apa?

Akhirnya ceritanya ngegantung. Namanya juga jurnal yang belum selese ya. Usaha Ardi selama tujuh hari di masa lalu apa bisa mengubah kehidupan di masa depan? Kita sepertinya disuruh menentukan sendiri akhir dari cerita ini. Apakah mau diem aja atau mau gerak sekarang juga untuk menjaga alam. Hal simple aja, buang sampah di tong sampah plus ikutin program pemerintah buat diet kantong plastic. Dari yang paling gampang, baru deh satu-satu bisa dikerjain yang lainnya.

Cerita di sini seharusnya ngebuat kita yang baca sadar, klo global warming itu nyata. Dan harus antisipasi dari sekarang buat melestarikan alam disekitar kita, bukan hanya untuk ambil untung aja.

Huft… . Serius banget ya ceritanya. Dua kali gw baca buku cerita bukannya rilex malah mikir, hehehe…. See you next episode yang mungkin gak usah pake mikir :P





Unfinished Journal Unfinished Journal Reviewed by Unknown on 08.59 Rating: 5

Tidak ada komentar: