Jus Detoks


Jus Detoks by Dr. Sun Jae Kwang

Holla felas. Ketemu lagi sama Rui di sini. Nah, karena lagi happening banget gaya hidup sehat terutama mengenai cold pressed juice dan organic food, makanya gw cari tau deh melalui buku yang satu ini. Masih nyambung kok mengenai mix jus yang enak dan tentunya juga sehat. Di buku yang berjudul Jus Detoks ini, gw gak bakal banyak bahas mengenai resep jusnya, tapi cerita awal mula kenapa sih minum jus tiap hari itu patut dicoba bahkan buat yang gak suka makan buah atau sayuran sekalipun.

Menurut buku ini, akar permasalahan dari seluruh penyakit yang ada di dalam tubuh adalah karena darah kotor. Darah kotor ini bisa disebabkan oleh makanan yang kita makan sehari-hari. Apalagi klo kita kurang makan buah atau sayuran. Mungkin lebih tepatnya sayuran mentah yang tidak memerlukan proses memasak.

Pada dasarnya sebelum tubuh mengalami “sakit” parah, tiap bagian tubuh baik hasil pencernaan dan lidah bisa memberikan kita kondisi awal apa yang sebenernya terjadi dalam tubuh kita. Misal hasil BAB yang agak hitam disebabkan karena kurangnya cairan dan serat dalam tubuh, bagian lidah yang agak menghitam juga mengkondisikan organ-organ yang sedang bermasalah dalam tubuh. Sayangnya, kebanyakan dari kita gak sadar dengan “alarm” tubuh ini sehingga kebanyakan orang, baru sadar ketika rasa sakit sudah semakin parah.

Nah, pas kita sakit apa yang kita lakukan? Pergi ke dokter dan minum obat dengan jumlah banyak. Seolah-olah dengan obat lah penyakit kita bisa sembuh. Padahal mah nggak. Justru obat hanya meredakan rasa sakit aja. Apalagi klo ada beberapa oknum dokter yang bekerja sama dengan farmasi, wah makin banyak aja obat yang bakal kita makan klo kita sakit. Bukannya sembuh justru akan menjadi penyakit lain.

Padahal tubuh kita sendiri punya system untuk menyembuhkan atau mungkin lebih tepatnya memperbaiki sel-sel yang rusak. Caranya gimana? Dengan asupan makanan yang benar (sehat). Gak hanya itu aja, tapi juga melakukan aktifitas dengan cara berolah raga. Tau kan racun-racun dalam tubuh keluar melalui keringat yang keluar dalam tubuh kita.

Di dalam buku ini, salah satu bentuk detoksifikasi darah kotor yang menjadi sumber penyakit adalah dengan meminum jus detoks. Terapi ini dilakukan minimal 3 minggu, karena tubuh kan juga butuh proses ya. tapi tidak serta merta dengan meminum jus detoks ini kita bisa makan seenaknya. Makanan yang dimakan pun tetep harus dikontrol, misalnya 50:50 untuk makanan matang dan mentah (yang mentah khusus hanya sayuran dan buah-buahan). Selain itu, berjemur di pagi hari selama 30 menit dan olahraga minimal 30 menit.

Di buku ini hanya ada 3 – 4 resep jus detoks aja. Salah satunya udah gw coba. Dan rasanya, seret banget, wkwkwkkkk…. Dalam buku ini dijelaskan pembuatan jus detoksnya klo bisa jangan pake air atau hanya menggunakan 30cc air saja. Lo tau jadinya apa? Bubur buah. Rasanya sih diawal-awal enak cuman agak-agak gimana gitu. Maklum gw sendiri jarang makan sayuran. Alhasil, biar bisa gw minum tuh jus gw tambahin air plus madu. No sugar pokoknya. Lumayan lah, abis minum segelas bisa buat nahan laper seharian, hehehe…. Kayaknya cocok banget detoks sekalian diet sehat.

Sejauh ini efeknya sih lumayan buat pencernaan gw. Tinggal cek up aja nanti. Oke, segini aja yang bisa gw tulis. Lain kali gw bahas klo ada resep-resep yang lain. See ya ^^
Jus Detoks Jus Detoks Reviewed by Unknown on 18.44 Rating: 5

Tidak ada komentar: