Mantra


Mantra by Azisa Noor & R. Amdani

Lalalala… abrakadabra…

No… no… no…, gw gak bakal bahas mengenai buku yang aneh-aneh macam jampi-jampi pellet dan sejenisnya. Serius, ini cuman buku cerita biasa. Cuman agak sedikit mistis sih. Gw pikir awalnya gw beli buku ini adalah ceritanya yang semi mistis gitu. Ternyata tidak sodara-sodara. Yang bikin gw rada ngilu cuman ilustrasi cerita di buku ini aja, yang gambar-gambarnya rada bernuansa gothic.
Rada kecewa klo ternyata buku ini bukan novel tapi komik, ceritanya ringan banget dan berasa cepet aja gitu.


Kisahnya tentang seorang pelukis muda bernama Ratri yang baru debut pertama kali di sebuah pameran. Kemudian ditawari untuk melakukan pameran tunggal yang kedua kalinya oleh salah satu pengusaha galeri seni. Sayangnya, untuk dapet ide buat pameran keduanya ini tidak lah mudah. Apalagi karyanya sering dibanding-banding kan oleh pelukis senior.

Nih, mirip kayak realita yang ada di Indonesia. Misal ada artis A yang bikin lagu terinfluence dengan musisi luar negri pasti udah langsung dicap plagiat. Padahal belum tentu, terinspirasi sama bener-bener nyontek plek –ketiplek jelas beda. Nah, satu lagi wejangan yang gw dapet oleh salah satu penulis yang gw lupa namanya, ketika hasil tulisan atau novel si penulis laris manis di pasaran. Maka bersiap-siap lah si penulis akan dikejar-kejar sang editor. Antara butuh duit dan cerita yang berkualitas. Klo bisa blance sih gak apa-apa, tapi biasanya abis itu ide ilang semua, hohoho….

Balik lagi ke bukunya, keluarga, teman bahkan kekasih si Ratri ini sempat khawatir karena si Ratri ini stress gak dapet-dapet ide yang menurut dia luar biasa untuk pamerannya. Sampai suatu ketika dia nginep di rumah salah satu temannya dan tidak sengaja membaca sebuah buku yang di dalamnya terdapat mantra. Gw agak susah jelasinnya sih, soalnya pake bahasa jawa gitu, sedangkan bahasa jawa gw kan cetek banget. Intinya abis baca mantra itu si Ratri seperti bermimpi pergi ke suatu daerah di pulau jawa dan bertemu dengan seorang pemuda yang “bekerja” sebagai penari disuatu sanggar tari terkenal di daerah tersebut dan merupakan anak dari pemilik sekaligus seniman tari yang terkenal di sana.

Jadi klo diliat sih, antara Ratri dan si pemuda itu punya masalah yang mirip-mirip gitu. Dan dari pertemuan itu akhirnya Ratri bisa mendapatkan “solusi” atas permasalahannya itu. Maksudnya tuh, akhirnya si Ratri bisa dapet ide untuk pamerannya dan hasil karyanya benar-benar diakui pada akhirnya.

Setiap mantra ada konsekuensinya, dalam cerita ini akhirnya Ratri dapat disadarkan kembali oleh temannya. Mirip-mirip cerita film apa gitu ya. Ceritanya cukup ringan dan menghibur, yang bikin gw rada parno cuman sketsa gambarnya aja. Dark banget, apalagi banyak gambar topeng-topengnya.

Sekian dulu review bukunya, sampai ketemu lagi sama gw, Rui di next episode. Ke caooo….


Mantra Mantra Reviewed by Unknown on 18.48 Rating: 5

Tidak ada komentar: