History of Earth


History of Earth oleh Ir. Agus Haryo Sudarmojo

Ayo kita belajar lagi. Kali ini, buku yang pingin gw bahas mengenai sejarah pembentukan bumi. Tentunya sesuai dengan pandangan islam dalam al-qur’an. Jujur aja, baca buku ini gak bisa cepet kayak baca buku novel atau buku-buku tutorial lainnya. Soalnya harus bener-bener dipahami, baik dari segi ngertiin arti ayat dalam qur’an juga penjelasan secara sainsnya. Bukan hanya itu aja, selain kagum buku ini juga ngebuat gw merinding karena takjub dan takut juga.


Pembahasan disetiap babnya juga diberikan judul-judul yang menurut gw sangat indah dan puitis, dan berkaitan dari satu bab ke bab lainnya. Misalnya bumi berpadu dengan langit dan seperti permadani yang dihamparkan.

Sebenernya di dalam Al Qur’an sudah jelas mengenai banyak hal. Hanya saja gak semua orang mengerti karena ada beberapa ayat yang tidak bisa diartikan hanya dengan satu arti saja. Maksudnya ketika gw membaca qur’an dan artinya, mungkin penafsiran artinya bisa berbeda dengan orang lain yang membacanya. Tapi tetep masih ada benang merahnya. Makanya dasar dari segala ilmu udah dijabarkan ada di dalam Al Qur’an, tapi gak semua orang menyadari. Mungkin karena mereka sudah tidak pernah membuka atau membaca Qur’an lagi. Tapi buat sebagian orang, justru jadi bahan penelitian untuk membuktikan teori yang satu dengan yang lain. Makanya sering dikatakan bahwa Qur’an hanya untuk orang-orang yang berakal dan berfikir (klo gak salah, kata-kata ini sering banget gw denger dan baca di beberapa buku).

Mungkin maksudnya adalah bahwa apa lagi yang bisa dipungkiri klo tiap hari atau tiap detiknya, sebenernya kita udah diperlihatkan segala keagungan Allah SWT. Tapi kita masih berpaling dan terlalu sombong untuk mengakuinya. Padahal para ilmuwan itu meskipun bukan dari kalangan non muslim sudah membuktikan hampir semua yang ada di dalam Qur’an terlepas mereka sebenernya tahu atau tidak. Sejauh yang gw baca, gw sangat tertarik banget tentang pandangan Al Qur’an mengenai perempuan, pendidikan dan keuangan, hehehe….

Balik ke topic, pernah kah kita berpikir atau bertanya pada diri kita sendiri apa benar dulu dinosaurus itu ada? Tapi bukan kah adam itu manusia pertama di bumi? Lalu homosapiens terdahulu itu siapa? Nah, semuanya akan dibahas di buku ini, baik penjelasan dalam Al Qur’an juga hasil dari penelitian para ilmuwan jaman dulu sampai sekarang. Ini lah yang ngebuat kagum sekaligus merinding. Kenapa gw sampai merinding? Sekali lagi Qur’an itu tidak menjelaskan secara gamblang atau terbuka, tapi menggunakan kata-kata tersirat. Layaknya puisi sastra yang belum tentu bisa kita mengerti artinya. Bahkan mengenai “kiamat” yang sebenernya kita gak pernah tahu kapan, tapi bisa dijelaskan secara sains ternyata. Subhanallah.

Gw meski masih cenge-ngesan kayak gini juga masih mau belajar agama. Apalagi mengenai ilmu pengetahuan baik sains or social. Karena hal-hal yang kecil kayak gini ngebuat gw yakin akan keberadaan Tuhan, Allah SWT dan segala keagungannya.

Segitu aja yang bisa gw jelasin detailnya baca buku ini aja. Baca lah buku yang bermanfaat dan yang bisa nambah wawasan. Bahkan buku humor atau komik sekali pun klo “ngeh” bisa ngasih pembelajaran banyak hal, apalagi buku-buku yang serius macam buku ini. See you next episode ^^


History of Earth History of Earth Reviewed by Unknown on 11.33 Rating: 5

Tidak ada komentar: