Utang Menjadi Untung (Jangan Takut Ambil Kredit)


Utang Menjadi Untung (Jangan Takut Ambil Kredit) by Erwin Prasetyo

Yak, lagi-lagi gw ngebahas mengenai buku keuangan dan bisnis. Masih berjibaku dengan modal dan hutang. Klo buku sebelumnya ngebahas kartu kredit yang sifatnya keperluan pribadi, buku yang mau gw bahas kali ini mengenai kredit yang akan dijadikan modal usaha. Banyak banget calon entrepreneur yang mengeluhkan akan modal usaha. Padahal modal usaha itu bisa didapatkan dari mana aja, ya, paling ngenes berhutan alias ambil kredit.


Di sini gw akan bahas sedikit mengenai isi bukunya. Sebelumnya mau komentar dulu nih mengenai buku Utang Menjadi Untung ini, gw rasa bagian awal-awal informative banget. Tapi mulai pertengahan isi-nya biasa aja, alias cuman cerita – cerita mengenai beberapa entrepreneur yang mengembangkan bisnisnya dengan mengajukan kredit ke bank. Sayangnya, gak dibahas secara detail.

Lanjut, menurut buku ini utang yang baik itu yang dijadikan modal usaha produktif. Jadi, pembayaran utangnya nanti bisa dari hasil usaha tersebut, tidak hanya dari keuangan pribadi. Tapi ternyata untuk apply utang atau kredit itu sendiri ternyata tidak mudah lho. Khususnya untuk usaha pemula, dimana persyaratan bank adalah adanya legalitas usaha. Selain itu, laporan keuangan arus kas usaha juga menjadi pertimbangan untuk disetujui atau tidaknya kredit tersebut. Di buku ini dijelaskan persyaratan apa saja yang harus disiapkan untuk mengajukan kredit di bank.

Dan kredit apa saja yang bisa diambil, yaitu dengan agunan atau tanpa agunan. Biasanya kredit tanpa agunan identik dengan kredit konsumtif. Tapi, kredit ini bisa dimanfaatkan untuk modal usaha juga lho, jangan sampe kebablasan. Sebelum meminjam kredit ke bank, ada baiknya melakukan analisa terlebih dulu. Meliputi gaji, usaha yang akan dimulai/ kembangkan dan cara pembayaran kredit tersebut alias manajemen keuangannya. Sayangnya, lagi-lagi buku ini tidak membahas secara detail.

Selain kelengkapan persyaratan untuk pengajuan kredit, ada hal yang harus disiapkan lagi yaitu mental. Dimana dalam pengajuannya dan pertimbangan bank nantinya, bank akan banyak bertanya mengenai kredit yang diajukan beserta usaha yang dijalani. Maka kita pun harus siap dan menjawab yakin setiap pertanyaan bank tersebut. Satu hal lagi yang paling penting adalah JUJUR, karena hal itu akan mempengaruhi kredibilitas kita terhadap bank dan orang lain.

Nah, segitu aja deh. Kira-kira garis besar isinya seperti itu. Sampai jumpa di next review.


Utang Menjadi Untung (Jangan Takut Ambil Kredit) Utang Menjadi Untung (Jangan Takut Ambil Kredit) Reviewed by Unknown on 09.34 Rating: 5

Tidak ada komentar: