Seru (Nggak)nya Jadi
Copywriter oleh Aprilina Prastari
Masih ingat beberapa
waktu yang lalu ada berita tentang Almarhumah Mita Diran yang meninggal karena
bekerja nonstop 30 jam + minum-minuman berenergi yang berlebihan. Kali ini gw
bakal bahas mengenai profesinya yaitu copywriter melalui review buku ini. Buat
yang suka banget dunia periklanan atau mau akan bekerja di dunia periklanan,
mungkin buku ini cocok untuk kalian baca sebagai bahan referensi tentunya.
Sebenernya setiap
profesi punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Contohnya aja di dunia
periklanan gak hanya copywriter aja sih, cuman kan yang dibahas di buku ini
soal copywriter ya, plusnya mungkin karena yang kerja orang-orang yang kreatif
jadi lo bakal nemuin orang yang unik-unik. Entah itu dari segi custom sampe
ide-ide yang out of the box buat projek iklannya atau mungkin pelaku periklanan
itu sendiri. Minusnya mungkin lo bakal kerja lembur terus klo ada projek,
mungkin lebih sering pulang subuh berangkat pagi ya. So, klo mau kerja di dunia
ini siapin mental dan jaga kesehatan juga.
Oke, sebenernya
copywriter itu apa sih? Dan seberapa penting tugasnya itu dalam sebuah projek
periklanan? Klo menurut buku ini copywriter itu yang bergelut dengan konsep dan
lebih banyak bermain dengan kata-kata. Mungkin ada yang tau tagline atau
kata-kata simple dari sebuah produk yang booming (walaupun sebenernya produknya
biasa aja, tapi karena ada kata-kata ini produk tersebut jadi booming dan
diinget orang), nah itu merupakan salah satu job desk dari copywriter. Tapi gak
hanya itu aja loh, mereka juga harus membuat iklan yang sifatnya advertorial
atau mungkin artikel. Jadi gak melulu membuat kata-kata pendek untuk dijadikan
tagline.
Pekerjaan di dunia
periklanan ini, gak bisa kerja sendirian. Melainkan butuh kerja sama tim. Nah,
dibuku ini juga diceritakan mengenai bagaimana sih seru dan “sebel”-nya seorang
copywriter bekerja sama dengan bagian atau divisi yang lain, seperti art
director, account executive, creative director, dll. Gak hanya itu aja, tapi
juga gimana ngebuat projek yang sesuai dengan keinginan klien yang macem-macem.
Buat yang pingin banget jadi copywriter atau masuk ke dunia periklanan, buku
ini bisa jadi referensi loh. Jadi sebelum memutuskan untuk kerja di dunia
periklanan seenggaknya, melalui buku ini bisa sedikit membayangkan kondisi
lingkungan kerja, klien dan lemburnya, hehehe
Udah ah, bingung mau
nulis apa lagi. Btw tadinya gw beli buku ini buat belajar nulis alias bikin
cerpen atau novel gitu sih. Ternyata isinya beda banget, tapi gak nyesel lah
soalnya bisa tau kerjaan anak-anak periklanan kayak gimana. See you next review
ya.
Seru (Nggak)nya Jadi Copywriter
Reviewed by Unknown
on
11.49
Rating:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar