Gratis! Keliling Indonesia & Belajar di Luar Negri karena Blog


Gratis! Keliling Indonesia & Belajar di Luar Negri karena Blog by Nonadita

Beberapa minggu ini gw emang lagi excited banget sama yang namanya traveling. Emang pingin banget jalan-jalan deh, sampe-sampe gw beli beberapa buku traveling. Udah pernah dibahas sebelumnya kok. Nah, di buku yang satu ini bukan mengenai buku traveling sih, tapi mengenai blog yang impactnya nanti akhirnya bisa keliling dunia alias traveling. Duh, udah berapa banyak kata traveling yah yang gw sebut ?


Gak nyangka kan klo melalui blog bisa keliling Indonesia bahkan dunia. Atau justru dapat pekerjaan melalui blog. Emang profesi blogger akhir-akhir ini makin diakui saja. Sebut saja nonadita yang menulis buku ini awalnya adalah seorang blogger, penulis buku best seller traveling juga awalnya dimulai dari ngeblog dan banyak lagi contohnya. Sayangnya gak semua orang bisa konsisten untuk ngeblog, kebanyakan semangat di awal tapi ditengah-tengah mulai berhenti. Makanya jangan heran klo kalian nemuin blog yang udah lama gak diupdate. Jangan kasih komen atau nanya deh, pasti gak bakal dijawab, wkwkkwkkkk….

Gw juga dulunya sempet ngeblog, tapi karena kesibukan kuliah jadi gak ke urus deh. Akhirnya buat blog baru lagi kayak gini dan berusaha untuk komit untuk update posting selalu, hehehe…. Kesulitan untuk ngeblog cuman satu, nentuin tujuan awal ngeblog dan konsisten untuk posting artikel di blog. Nah, di buku ini kamu (baca: pembaca) gak perlu pusing-pusing mikirin mau ngeblog apa. Mulai lah dari apa yang paling kamu suka, kamu tulis aja. mau isinya gado-gado juga gapapa. Biasanya klo udah ada pathnya baru kamu bisa nentuin mau bikin blog apa. Biasanya nih ya, blognya itu jadi lahan buat cari duit.

Di buku ini juga diceritain gimana sih pengaruh era digital saat ini khususnya blogging. Pengalaman Nonadita sebagai blogger yang akhirnya menghantarkan dia menjadi salah satu blogger yang dikenal dan menjadi perwakilan blogger untuk menjadi seorang “duta”. Apalagi klo bukan duta tekhnologi, maksudnya memberikan seminar atau pengenalan mengenai tekhnologi perbloggingan (apa sih? Kata-katanya aneh ya?!).

Berdasarkan pengalaman Nonadita dan para sesepuh blogger. Agar blogger kita dikenal atau mungkin kitanya bisa dapet “kesempatan” melalui blog, tentunya ada prosesnya. Dalam hal waktu ya harus bersabar dan tetap konsisten untuk update blog. Ini gak pake cara cheat ya, hehehe (emang game ada cheatnya). Layaknya jual barang, kita juga harus mempromosikan blog kita nih. Makanya biar gak ribet biasanya udah gw link ke twitter atau beberapa socmed lainnya (padahal cuman pake twitter aja kayaknya ^^).

Blogger juga bisa menjadi personal branding bagi pembuatnya. Misalnya yang hobi fotografi bisa nampilin foto-foto hasil karyanya dan jadi portofolio tentunya. Yang hobi nulis bisa post tulisan-tulisannya, siapa tau ntar ditemuin sama salah satu penerbit jadi buku deh. Dan lain-lain sebagainya. Nah, siapa tau kamu bisa jadi terkenal kan gara-gara hobi blogging ini.

Biar makin terkenal dan tau kemampuan menulis kamu diblog, jangan lupa ikutan lomba-lomba blogging loh ya. Siapa tau kamu menang, hadiahnya juga lumayan loh. Tuh kan, semua yang ada dibuku udah gw bahas nih. Eh, btw emang buku ini kan pengalaman si Nonadita ya, jadi step by stepnya gak dibahas secara detail di sini. Tapi lumayan lah ya, ngasih gambaran klo ternyata blogger sekarang makin banyak, makin diakui dan bisa dijadikan profesi.

Salam blogger and GO BLOGGING!


Gratis! Keliling Indonesia & Belajar di Luar Negri karena Blog Gratis! Keliling Indonesia & Belajar di Luar Negri karena Blog Reviewed by Unknown on 09.17 Rating: 5

Tidak ada komentar: