Panduan Praktis HRD
& GA oleh I Komang Oko Berata
Masih inget gak gw
pernah review buku undang-undang ketenagakerjaan? Nah, kali ini gw nge-riview
buku yang masih berhubungan sama buku sebelumnya, yaitu menyangkut tentang HRD.
Seperti judulnya buku ini menjelaskan apa aja sih yang dilakukan seorang HRD
& GA. karena kedua divisi itu biasanya sering jadi satu department.
Nah, dibuku ini tuh
ngejelasin tugas-tugas dari GA dan HRD. Cocok banget nih buat yang mau kerja di
bagian HRD atau entrepreneur baru yang pingin expansi, yang biasanya
berhubungan dengan legalitas perusahaan (gw misalnya, harus pelajarin hal-hal
begini karena gw jadi HRD dan lagi ngebangun bisnis sama temen).
Sebenernya GA sendiri
tuh klo diartin berarti divisi umum kali ya. Tugas dari GA sendiri tuh sebagai
divisi penunjang kelancaran operasional perusahaan. Misalnya pengurusan
surat-surat, legalitas, kebutuhan operasional kantor, pokoknya yang sifatnya
menunjang operasional perusahaan. Nah, biasanya GA dan HRD ini saling terkait.
HRD sendiri biasa
sering disebut personalia yang mengurus tetek bengek karyawan yang ada
diperusahaan. Tugasnya mulai dari kontrak kerja, absensi, pay roll, pokoknya
berhubungan tentang karyawan. Sampe-sampe di salah satu iklan pencarian kerja,
tugas HRD-nya harus bisa mengendalikan demo karyawan. Huft,,, paling berat
kayaknya ngurus orang lain ya.
Balik lagi, baik GA dan
HRD ada keterkaitan. Misalnya klo ada karyawan cuti atau mutasi, HRD akan
menyampaikan ke GA untuk melakukan pengurusan surat-surat yang diperlukan. Buku
ini cukup lengkap untuk ngejelasin step by step dari tugas GA dan HRD. Bahkan
untuk pembuatan surat-surat juga disertakan contohnya. So, buku pedoman wajib
buat para HRD dan GA deh.
Panduan Praktis HRD & GA
Reviewed by Unknown
on
11.30
Rating:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar