Panduan Praktis HRD & GA


Panduan Praktis HRD & GA oleh I Komang Oko Berata

Masih inget gak gw pernah review buku undang-undang ketenagakerjaan? Nah, kali ini gw nge-riview buku yang masih berhubungan sama buku sebelumnya, yaitu menyangkut tentang HRD. Seperti judulnya buku ini menjelaskan apa aja sih yang dilakukan seorang HRD & GA. karena kedua divisi itu biasanya sering jadi satu department.


Nah, dibuku ini tuh ngejelasin tugas-tugas dari GA dan HRD. Cocok banget nih buat yang mau kerja di bagian HRD atau entrepreneur baru yang pingin expansi, yang biasanya berhubungan dengan legalitas perusahaan (gw misalnya, harus pelajarin hal-hal begini karena gw jadi HRD dan lagi ngebangun bisnis sama temen). 

Sebenernya GA sendiri tuh klo diartin berarti divisi umum kali ya. Tugas dari GA sendiri tuh sebagai divisi penunjang kelancaran operasional perusahaan. Misalnya pengurusan surat-surat, legalitas, kebutuhan operasional kantor, pokoknya yang sifatnya menunjang operasional perusahaan. Nah, biasanya GA dan HRD ini saling terkait. 

HRD sendiri biasa sering disebut personalia yang mengurus tetek bengek karyawan yang ada diperusahaan. Tugasnya mulai dari kontrak kerja, absensi, pay roll, pokoknya berhubungan tentang karyawan. Sampe-sampe di salah satu iklan pencarian kerja, tugas HRD-nya harus bisa mengendalikan demo karyawan. Huft,,, paling berat kayaknya ngurus orang lain ya.

Balik lagi, baik GA dan HRD ada keterkaitan. Misalnya klo ada karyawan cuti atau mutasi, HRD akan menyampaikan ke GA untuk melakukan pengurusan surat-surat yang diperlukan. Buku ini cukup lengkap untuk ngejelasin step by step dari tugas GA dan HRD. Bahkan untuk pembuatan surat-surat juga disertakan contohnya. So, buku pedoman wajib buat para HRD dan GA deh.








Panduan Praktis HRD & GA Panduan Praktis HRD & GA Reviewed by Unknown on 11.30 Rating: 5

Tidak ada komentar: